10 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi

Share Yuk!

Menghasilkan uang dari internet; dalam hal ini melalui pemanfaatan media blog, semakin banyak diminati orang. Bukan tanpa sebab. Sudah terbukti, banyak blogger sukses; bahkan mendapatkan ratusan juta hanya dari ngeblog. Bagi beberapa orang, blogging yang mulanya hanya pengisi waktu luang ternyata bisa menjadi pekerjaan tetap (fulltime blogger). Meski begitu, mengikuti jejak karier mereka sendiri bukanlah hal mudah dan instan. Diperlukan waktu juga usaha yang besar. Nah, bagi kamu yang masih menyangsikan bahwa seseorang bisa mengandalkan blog sebagai sumber penghasilan—berikut adalah sepuluh cara mudah menghasilkan uang dari blog pribadi yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Menjual Produk Sendiri

Ini merupakan metode menghasilkan uang yang paling mudah, juga yang paling umum ditemui. Adapun syarat utamanya: kamu tentu harus punya produkmu sendiri.

Di sini, siapa pun yang membaca blogmu adalah calon pembeli. Karenanya, selain produkmu harus berkualitas, caramu mempromosikan produk juga harus kreatif dan menarik. Jangan lupa, selalu isi blogmu dengan konten-konten yang relevan, konsisten, sekaligus sesuai dengan produk yang ingin kamu jual, ya!

Tawarkan Jasa

Apapun keahlianmu, kamu selalu bisa menawarkan jasa di dalam blogmu! Bisa dengan menawarkan jasa penulisan artikel, wedding organizer, desain grafis, copywriting, konsultasi online, apapun!

Jangan lupa untuk tetap menawarkan jasa dengan cara sekreatif mungkin, ya. Kamu bahkan bisa mencoba beragam media, seperti lewat video, foto, tulisan, hingga musik. Buat pembacamu terkesan—hingga akhirnya tertarik memakai jasamu!

Menjual Produk Orang Lain (Afiliasi)

Belum punya produk sendiri atau belum pede memasarkan jasa? Kamu bisa kok, menjual produk orang lain. Cenderung mudah dan sama-sama mendapatkan penghasilan, bukan?

Afiliasi sendiri berarti kamu membantu mempromosikan produk milik orang lain. Keuntungannya, bisa didapatkan dari komisi jika kamu berhasil menjual produk tersebut. Di sini, penting untuk mengikuti program afiliasi yang sesuai dengan topik blogmu. Misalnya, blogmu berisikan artikel tentang tips Do it Yourself (DIY). Ada baiknya jika kamu mengikuti program afiliasi yang sesuai dengan itu, misalnya produk benang; kain; kertas—bukan malah produk tanaman.

Adapun yang harus kamu perhatikan adalah konten dalam blog. Sebab bagaimana pun, konten itu harus punya nilai serta manfaat bagi si pembaca. Nah, semakin baik konten, kemungkinan besar, semakin tinggi pula konversi penjualan dari blog.

Drop Shipping

Meski sama-sama menggunakan produk orang lain, drop shipping berbeda dengan program afiliasi—di mana si pembeli akan langsung membeli produk melalui kamu. Selanjutnya, kamu tinggal meneruskan pesanan—sekaligus uang ke pemilik produk dan meminta mereka mengirimkan produk ke alamat si pembeli.

Di sini, uang yang akan kamu peroleh adalah selisih harga jual produk. Misalnya, harga produk dari si pemilik adalah Rp50.000,00 dan kamu menjualnya dengan harga Rp70.000,00. Nah, selisih Rp20.000,00 itulah yang akan menjadi keuntunganmu.

Memasang Iklan PPC

PPC—Pay Per Click, merupakan metode menghasilkan uang paling umum yang bisa diterapkan untuk semua jenis blog. Bentuknya beragam, bisa berupa AdSense, Media.net, Chitika, KlikSaya, IdBlogNetwork, dan lain sebagainya.

Karena bernama “Pay Per Click”, maka penghasilan yang akan kamu dapatkan bergantung penuh pada seberapa banyak si pengunjung blog mengeklik banner iklan yang terpasang dalam blog. Karenanya kamu harus mempunyai blog yang punya traffic cukup besar.

Menawarkan Ruang Iklan Mandiri

Jika blogmu sudah memiliki pengunjung tetap dengan traffic tinggi, inilah saatnya menawarkan calon pengiklan potensial. Kamu bisa menyediakan ruang (spot) dalam blogmu untuk menaruh banner atau justru sekadar informasi produk si pengiklan. Asalkan topik blogmu sesuai—maka bukan tak mungkin si pengiklan akan tertarik mempromosikan produknya melalui blogmu.

Iklan CPM

Berbeda dengan iklan PPC atau justru iklan mandiri, iklan CPM (Cost Per Million) ini dibayar ketika blogmu mendapatkan 1.000 kunjungan. Tanpa harus mengusahakan si pengunjung mengeklik iklan, kamu bisa tetap mendapatkan penghasilan, asalkan: traffic blogmu mencapai jumlah yang ditentukan.

Menulis Review

Biasanya disebut dengan istilah “Paid for Review”. Pada blog-blog yang umumnya sudah memiliki pengunjung tetap—biasanya mereka akan langsung ditawari perusahaan untuk mengulas produk mereka. Tak main-main, bayaran satu artikel review bahkan berkisar mulai dari Rp300.000,00 hingga Rp500.000,00—tergantung bagaimana cara kamu menegosiasikannya.

Meski begitu, mendapatkan advertiser yang mau membayarmu untuk sebuah artikel review bukanlah perkara mudah. Nah, bila kamu termasuk orang yang tak ingin repot, kamu bisa mencoba untuk mendaftar sebagai publisher di IDBlogNetwork.

Menjual dan Menerbitkan Buku Sendiri

Bagi kamu yang suka menulis, menjual dan menerbitkan buku sendiri bisa jadi peluang menghasilkan uang dari blog pribadi. Bentuknya, bisa buku format cetak maupun digital (e-Book)—yang bisa diterbitkan oleh penerbit lokal, nasional, atau justru kamu sendiri.

Selain menulis konten buku yang berkualitas, satu-satunya cara yang perlu kamu lakukan adalah mengubah format buku, dari Microsoft Word ke format PDF. Pengunjung yang berminat bisa langsung memesan dan membayarnya melalui transfer ke rekening atau justru ke akun Paypalmu.

Menjual Blog

Bukan cara yang mudah, tapi bisa jadi pilihanmu untuk tetap menghasilkan uang dari blog. Hal ini berlaku, jika kamu sudah tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk memonitor blog. Meski begitu, tetap harus berhati-hati, sebab dalam perjalanannya, kamu bisa saja mengalami kesulitan jika tidak punya jaringan teman yang bisa membantumu menjual blog.

Selain sepuluh cara menghasilkan uang dari blog pribadi di atas, ada banyak metode lain untuk menghasilkan uang dari blog. Namun, harus diingat, cara mendapatkan uang dari blog pribadi sendiri tidaklah mudah. Kerja keras, konsistensi, berikut kesabaran harus ada dalam menjalani prosesnya yang tak instan.

10 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi
4.95 (99.05%) 21 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!