5 Kisah Sukses Pengusaha yang Menginspirasi Hidup Kita

Share Yuk!

Banyak kisah sukses pengusaha yang tadinya bukan siapa-siapa. Perjuangan mereka bisa menjadi sumber pelajaran dan inspirasi bagi kita semua. Kita simak lima kisah di antaranya:

Tri Sumono (3 CV Jaya):

Winarto Estillo

Dulu hanya seorang tukang sapu di kantor Kompas-Gramedia, kini mengelola beragam bisnis lain, mulai dari kopi jahe Hootri, toko sembako, peternakan burung, serta pertanian padi dan jahe. Semua berkat niat, kerja keras, kemauan untuk belajar hal-hal baru, serta keberanian untuk meninggalkan zona nyaman. Ini terbukti dari perjalanan hidupnya sebagai tukang sapu yang kemudian menjadi office boy, tenaga pemasaran, hingga berdagang aksesori, dan berhasil mengumpulkan dana untuk memulai bisnis baru. Jatuh bangun pasti dialami oleh bapak dua anak yang pada akhirnya berguru pada seorang dosen IPB dalam membuat sari kelapa. Bahkan, Tri rela mengorbankan akhir pekan untuk belajar membuat sari kelapa yang bagus untuk dijual.

Cak Asmo (Depot Cak Asmo):

cak asmo

Dengan moto: “Cita Rasa Bos, Kantong Anak Kost”, Cak Asmo mengawali kariernya dari membantu kakaknya berjualan mi dan nasi goreng dengan gerobak keliling. Meski usaha depotnya sempat ludes karena bencana kebakaran yang menimpanya, beliau tidak menyerah dan tetap menjaga hubungan baik dengan orang banyak. Pernah juga Cak Asmo dibantu tetangganya lewat pinjaman lahan agar dapat terus berjualan Kini beliau mempekerjakan lebih dari 60 orang karyawan.

Winarto Estillo (Tahu Kress):

Winarto Estillo

Erwin memulai usahanya dengan berjualan aksesori dan ragam hiasan dinding rumah. Erwin tidak meneruskan pendidikan S1-nya. Ada risiko yang harus dibayar, yaitu saat beberapa usaha awalnya kandas di tengah jalan. Seperti saat Erwin mendirikan PT. Cipta Karya, perusahaan agrobisnis yang hanya berumur setahun akibat merugi. Erwin pernah mencoba usaha berjualan ubi dan singkong dengan label ‘UmbiStik’, namun kandas di tengah jalan akibat gagal mencapai target penjualan.

Hingga akhirnya Erwin mulai mengusahakan dan mematenkan Tahu Kress yang kini digemari banyak orang.

Ratna Miranti (Pengusaha Botol Bekas ‘Meerakatja’):

Ratna Miranti

Berawal dari menjadi pengrajin batik pada tahun 2009, Ratna sempat vakum dua tahun untuk mengurus anak. Saat ingin bekerja kembali, dibelinya cat kaca dan mulai melukis di atas botol. Tak disangka, banyak yang menyukai hasil karya seninya. Berlanjut dengan ikut pameran Inacraft di 2010, usaha Ratna makin mendapat dukungan dana dari PT. Permodalan Nasional Madani. Selain mendapatkan botol-botol bekas dari tukang jamu dan mengimpor cat berkualitas tinggi dari Jerman, usaha Ratna juga makin berkembang dengan melukis interior rumah, cermin, vas bunga, dan lain sebagainya.

Willyhono (Toserda – Toko Serba Lada):

Willyhono

Silakan mampir ke toko milik sosok yang biasa disapa Willy ini. Berawal dari sebuah toko di Jalan Padjadjaran, Bandung, Willy mulai menjual serba-serbi penganan pedas, mulai dari bawang goreng, keripik, kerupuk, abon, sambal, rendang, hingga cokelat. Apalagi mengingat orang Indonesia pada umumnya suka makanan pedas.

Meski demikian, usaha Willy mengalami pasang-surut. Saat keripik pedasnya sedang ngetop, dia bisa meraih untung sebesar 60 – 70 juta per bulan. Namun, begitu mulai banyak yang mengikuti jejak Toserda, laba turun hingga 30 juta per bulan. Karena itulah, Willy mengakalinya dengan mengeluarkan beragam produk.

Semoga lima kisah sukses pengusaha ini dapat menginspirasi Anda untuk terus berjuang walaupun banyak rintangan. Kisah sukses mereka selalu diiringi dengan kerja keras dan pantang menyerah.

5 Kisah Sukses Pengusaha yang Menginspirasi Hidup Kita
4.96 (99.23%) 26 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!