5 Pengusaha Muda Indonesia yang Sukses Berbisnis

Share Yuk!

Membangun cita-cita dan mengusahakannya menjadi kenyataan tidak harus menunggu hingga usia dewasa atau bahkan tua. Semakin cepat dimulai tentu semakin baik, dari segi waktu dan tenaga masih memiliki kelapangan. Gagal adalah sebuah hal yang wajar dalam prosesnya, namun selama masih ada waktu tidak ada kata menyerah untuk itu

Hal ini seperti yang dialami oleh para wirausaha muda Indonesia. Mereka merintis mewujudkan mimpi sejak dini saat kesempatan belajar masih terbuka lebar. Memulai bisnis saat usia belia memang bukan hal yang mudah. Namun dengan keteguhan, komitmen, konsistensi, dan pantang menyerah, membuat mereka tetap bertahan mewujudkan cita-cita. Berikut ini adalah 5 kisah sukses pengusaha muda yang bisa kita ambil hikmahnya:

Ahmad Anggoro

Pria yang kini berusia 23 tahun ini telah mampu menjadi pengusaha sukses dengan omzet ratusan juta rupiah per bulan dari usaha clothing. Dia menjalankan bisnisnya sejak tahun 2010. Awalnya, pria yang hanya lulusan SMK ini nekat merantau ke Jakarta karena alasan ekonomi. Kemudian dia menyadari bahwa dia memiliki bakat dan minat di bidang menggambar. Dia bertekad memulai usaha clothing. Kemudian dia melakukan survei pasar, dan dengan modal 2 juta dari tabungannya selama bekerja, dia pun belajar secara otodidak kemudian memproduksi kaos dengan labelnya sendiri. Saat memulai bisnis ini pun dia sempat rugi. Ahmad tidak menyerah, pada tahun 2011 produksi kaosnya mulai banyak permintaan dan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Saat ini usahanya tidak hanya kaos, namun juga tas, dompet, celana, dan lain-lain.

Yasa Singgih

Pria berusia 20 tahun ini lahir dari keluarga yang tidak kaya. Keputusan berbisnis dia dapat saat usia 15 tahun ayahnya terkena serangan jantung hingga harus dioperasi. Saat itu, dia sudah mulai mencari uang sendiri dengan berjualan lampu hias secara online. Usaha ini tak bertahan lama. Pada usia 16 tahun, Yasa beralih ke usaha fashion. Dia akhirnya bisa membuat merek fashion sendiri dengan nama Men’s Republic. Rugi ratusan juta pernah dia alami. Berbagai bisnis telah dia coba. Saat ini dia juga memiliki bisnis di bidang aset perumahan di Bogor dan management consulting.

Theresia Deka Putri

Gadis berusia 24 tahun ini telah memiliki omzet sekitar 1 miliar rupiah per tahun. Omzet tersebut didapat dari usahanya di bidang minuman alami kopi dan teh, khususnya kopi luwak lanang. Usahanya dimulai pada tahun 2007 saat usianya masih kurang lebih 20 tahun. Saat gaya hidup konsumennya beralih, dia berusaha mencari produk khusus dari biji kopi, yakni yang dimakan binatang luwak lanang (jantan). Akhirnya produk olahannya ini menjadi spesial karena belum dieksplorasi pengusaha kopi luwak lainnya. Produknya saat ini telah menjangkau pasar internasional seperti Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan.

Andrew Darwis

Andrew Darwis adalah pengusaha muda yang merupakan pendiri komunitas online terbesar di Indonesia yakni KASKUS. Andrew mendirikan KASKUS pada 6 november 1999. Membangun situs komunitas ini bukan hal yang mudah, karena pada awalnya pertumbuhan KASKUS sangat lambat, untuk mendapatkan satu anggota baru saja memerlukan waktu yang cukup lama. KASKUS mulai berkembang sejak tahun 2008 dan kini penghasilan Andrew dari KASKUS mencapai 600 juta rupiah per bulan.

Nadiem Makarim

Pengusaha muda yang satu ini memang tengah naik daun. Bisnisnya ini didasari atas kebiasaannya menggunakan jasa ojek. Dari hasil risetnya atas kondisi ojek di Indonesia, Nadiem akhirnya terinspirasi membangun perusahaan GoJek pada tahun 2011. Startup bisnis ini sedang berkembang dan banyak kendala yang harus dihadapi. Namun, Nadiem telah membuktikan bahwa inovasi teknologi bisa bermanfaat di segala bidang.

Jadikan kisah sukses pengusaha muda di atas sebagai pelecut semangat. Berdayakan diri Anda agar mampu melihat peluang, berani mencoba, mengambil keputusan, dan menghadapi risiko, mandiri, fokus, konsisten, dan pantang menyerah.

5 Pengusaha Muda Indonesia yang Sukses Berbisnis
4.98 (99.51%) 41 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!