5 Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Kamu Kunjungi

Share Yuk!

Siapa yang pernah bertandang ke Gresik? Yap, kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memang terkenal dengan beragam ikon khasnya, salah satunya adalah tempat berdirinya pabrik semen pertama dan terbesar di Indonesia. Gresik juga punya tim sepakbola kebanggaan, yakni Gresik United. Tak hanya itu, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya ini juga menyimpan banyak potensi wisata. Nah, berikut merupakan tempat wisata di Gresik yang tak hanya cantik, tapi juga menarik untuk dikunjungi:

Pulau Bawean

Pulau Bawean

Pulau Bawean terletak sekitar 150km lepas pantai Laut Jawa dan masih merupakan bagian dari Kabupaten Gresik. Pulau ini merupakan tujuan utama wisata bahari di Gresik. Terletak di Desa Dalegan, Kecamatan Panceng, Gresik, Bawean memiliki panorama yang sangat indah berhiaskan pasir putih.

Di sini juga terdapat suaka alam dan suaka margasatwa yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Pualu Bawean merupakan rumah dari beragam tempat menarik seperti Pulau Selayar, Pulau Noko, Tanjung Gaang, Danau Kastoba, Jherat Lanjheng serta tempat penangkaran Rusa Bawean yang dilindungi.

Bukit Jamur

Bukit Jamur

Tempat wisata menarik lain yang bisa kita kunjungi adalah Bukit Jamur yang berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Gresik. Tempat ini dinamakan Bukit Jamur karena di sini terdapat puluhan batu besar yang berbentuk seperti jamur.

Meski demikian, Bukit Jamur sebetulnya adalah lokasi penambangan kapur milik pribadi yang kemudian dikelola menjadi tempat wisata. Bukit Jamur hanya bisa dikunjungi pada hari Minggu demi kelancaran proses penambangan.

Telaga Ngipik

Telaga Ngipik

Cuaca Gresik yang panas memang sedikit memaksa kita untuk mencari tempat berteduh yang hijau dan nyaman. Nah, buat kamu yang butuh referensi tempat wisata yang asri, Telaga Ngipik jawabannya. Dikenal dengan Giri Wana Tirta, telaga yang terletak di Desa Ngipik ini dulunya merupakan tempat industri tambang yang kemudian diubah menjadi telaga. Di sini kita bisa duduk santai di tepian telaga atau memancing ikan bersama teman-teman.

Kota Tua

Kota Tua gresik

Sekitar abad 14, Gresik merupakan kota dagang yang mempunyai peran sentral dan banyak disinggahi pedagang-pedagang besar dari Arab, Gujarat, Tiongkok, Kalkuta, Siam, hingga Bengali. Karenanya, banyak sekali peninggalan zaman dahulu yang bisa kita jumpai di Gresik, pusatnya ada di Kota Tua.

Seperti halnya kota tua lain di beberapa kota seperti Jakarta dan Semarang, Kota Tua Gresik juga menyimpan banyak sejarah yang bagus untuk kita pelajari. Bangunan-bangunan kuno dengan arsitektur bergaya vintage pun bisa kita temukan di sekitar Jalan Wahid Hasyim, Jalan Raden Santri, Jalan Basuki Rachmat, Jalan HOS Cokroaminoto, hingga Jalan Nyi Ageng Arem-arem.

Makam Sunan Gresik dan Sunan Giri

Makam Sunan Gresik

Sunan Gresik (dikenal dengan Maulana Malik Ibrahim) dan Sunan Giri merupakan dua tokoh Walisongo yang punya andil besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Nah, di Gresik inilah keduanya dimakamkan.

Hal ini tentu semakin mempertegas kenyataan bahwa Kota Gresik memiliki peran penting dalam sejarah penyebaran Islam di Nusantara. Jika sedang berada di kota ini, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir dan menikmati wisata religi berbalut sejarah yang akan semakin menambah khazanah pengetahuan kita.

Itu dia 5 tempat wisata di Gresik yang bisa kita eksplor saat bertandang ke sana. Jangan lupa ajak serta keluarga dan orang tercintamu ya. Selamat datang di Gresik, selamat menikmati akhir pekan.

5 Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Kamu Kunjungi
4.96 (99.17%) 24 votes
Share Yuk!

One thought on “5 Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Kamu Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!