6 Tempat Wisata di Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi

Share Yuk!

Jawa Tengah merupakan satu dari sekian banyak provinsi di Indonesia yang dikaruniai relief alam nan menakjubkan. Pesona dan daya tariknya yang menyihir pandangan membuat para wisatawan berbondong-bondong ke provinsi yang beribukota di Semarang ini. Salah satu kota di Jawa Tengah yang menyimpan banyak potensi wisata adalah Kebumen.

Tempat wisata di Kebumen pun cukup lengkap dan beragam, muali dari wisata pantai, gua, waduk, wisata tirta (air), wisata religi, dan sejarah. Nah, berikut daftar tempat wisata yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kota ini:

Gua Jatijajar

Gua Jatijajar

Gua Jatijajar merupakan salah satu gua yang sangat terkenal di Jawa Tengah. Bentukan alam yang berusia ribuan tahun ini merupakan destinasi wisata yang banyak dirujuk para pelancong dari dalam maupun luar Kebumen. Di dalam gua ini terdapat diaroma yang menceritakan legenda Raden Kamandaka yang bersemedi di gua ini. legenda ini kemudian dikenal dengan Lutung Kasarung. Gua Jatijajar memiliki pemandangan yang sangat indah khas pegunungan kapur.

Gua Petruk

Gua Petruk

Dalam cerita pewayangan Mahabharata, ada salah satu tokoh di Pandawa Lima yang sangat terkenal, yakni Petruk. Nama Petruk inilah yang kemudian diambil sebagai nama sebuah gua di Kebumen, Gua Petruk. Terletak sekitar 7km arah selatan Gua Jatijajar, Gua Petruk memiliki pemandangan yang tak kalah menakjubkan.

Di gua ini juga banyak ditemukan stalaktit yang terpahat alami menyerupai makhluk di bumi, salah satu yang terkenal adalah stalaktit yang berbentuk seperti anjing duduk. Keindahan Gua Petruk ini kontan akan membuat kita mengingat betapa besarnya anugerah yang Tuhan turunkan kepada manusia.

Pantai Ayah

Pantai Ayah

Tempat wisata di Kebumen selanjutnya adalah Pantai Ayah. Berlokasi sekitar 9km dari Gua Petruk, pantai yang berada dekat dengan muara Sungai Bodo ini semakin indah dan memesona dengan pahatan alam perbukitan yang hijau. Di Pantai Ayah, kita bisa menyewa perahu, menikmati sajian khas laut, serta menyaksikan langsung keindahan matahari terbenam.

Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong

Wisata pantai yang tekenal di Kebumen selanjutnya adalah Pantai Karangbolong. Pantai yang bersentuhan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan nuansa perbukitan asri dan pohon-pohon kelapa khas pantai selatan. Dinamakan Karangbolong karena di pantai ini terdapat batu karang berlubang dan banyak ditemukan sarang burung walet.

Arung Jeram Pedegolan

Arung Jeram Pedegolan

Jika kamu menyukai wisata alam yang menantang, maka objek wisata Arung Jeram Pedegolan adalah jawabannya. Arung jeram ini memanfaatkan separuh dari panjang Sungai Pedegolan yang limpahan airnya bersumber dari Waduk Wadaslintang. Karena bersumber dari bendungan, maka airnya sangat jernih.

Sepanjang mengarungi jeram, kita akan disuguhkan pemandangan hijau nan asri menenangkan. Titik arung jeram sendiri dimuali dari PLTA Wadaslintang di Desa Sendangdalem dan berakhir di Bendung Pejengkolan yang masuk ke kawasan wisata Jembangan.

Benteng Van Der Wijk

Benteng Van Der Wijk

Ketenaran Benteng Van Der Wijk memang sudah merambah ke seluruh penjuru negeri, bahkan mancanegara. Benteng bersejarah yang terletak di Gombong, Kebumen, ini dibangun pada abad XVIII dan merupakan peninggalan bangsa kolonial yang komandan pasukannya disebut-sebut bernama Van Der Wijk. Benteng ini berlokasi sekitar 100km dari Candi Borobudur, Magelang.

Itu dia 6 tempat wisata menarik di BERIMAN, Kebumen, yang tidak hanya indah dan menarik, tapi juga sayang untuk kamu lewatkan ketika berkunjung ke tempat ini. Semoga bermanfaat. Selamat berlibur ya!

6 Tempat Wisata di Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi
4.5 (90%) 12 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!