8 Akibat Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Share Yuk!

Tinggal di kota besar dengan tingkat aktivitas tinggi memiliki pengaruh terhadap pola hidup dan juga pola makan kita. Saking sibuknya, kita jadi sering melupakan salah satu hal sepele tetapi memiliki pengaruh besar bagi kesehatan tubuh. Makan tidak teratur dan kurang mengonsumsi air putih merupakan dua hal yang sering terlewatkan begitu saja di tengah padatnya aktivitas yang ada.

Padahal, dua hal ini justru adalah kunci kesehatan tubuh yang paling mudah untuk dilakukan. Kurang minum air putih memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh. Ciri-ciri awal jika tubuhmu kurang asupan air putih adalah rasa lesu, lemas, dan bahkan sakit kepala. Dampak ini dapat terus berkembang menjadi lebih parah jika kamu tidak segera mengubah kebiasaanmu ini lho.

Kira-kira apa lagi ya dampak yang dapat ditimbulkan sebagai akibat dari kurang minum air putih? Cek di bawah ini yuk!

Sering merasa mudah lelah

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, dampak paling awal dari kurangnya asupan air putih adalah tubuh yang sering merasa lelah. Sebanyak 70% tubuh kita terdiri dari air. Jadi terbayang kan, jika kita kekurangan air? Tidak mengherankan jika kita jadi sering merasa lelah dan lunglai karenanya.

Terserang masalah pencernaan

Salah satu fungsi air adalah untuk melarutkan dan membantu proses pencernaan kita. Nah, jadi jangan kaget jika kamu sering terserang sembelit karena kurang minum air putih.

Membuat kulit kusam

Jika kamu ingin memiliki kulit sehat nan cerah, sebenarnya kamu dapat memulainya dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah air putih. Dengan selalu mengonsumsi minimal 2 liter air putih per hari, kulitmu akan ototamis terlihat segar dan berseri alami.

Kurang konsentrasi

Jika otak kita kurang cairan, maka konsentrasi pun akan terganggu. Jika sudah begitu, aktivitas kita pun dapat terganggu. Dampak dari kurangnya konsentrasi adalah kita jadi sering melamun dan lebih sulit untuk berpikir. Duh, jangan sampai deh seperti ini!

Rawan terkena radang sendi

Air dapat melumasi sendi-sendi yang terdapat dalam tubuh kita. Jika kita kurang minum air putih, maka sendi-sendi itu akan menjadi kaku. Hal inilah yang dapat mengakibatkan radang sendi.

Nyeri saat buang air kecil

Kurang minum air putih juga dapat menyebabkan ganggung pada kandung kemih, karena kandung kemih membutuhkan cairan yang cukup agar dapat melakukan pembuangan secara maksimal. Gangguan ini akan menimbulkan rasa sakit saat kita akan buang air kecil.

Waspada tekanan darah tinggi

Kurang minum air putih dapat mengakibatkan pembuluh kapiler yang ada di tubuh menjadi tersumbat. Jika sudah begitu, aktivitas jantung akan terganggu. Jantung harus lebih keras memompa darah dan menyebabkan tekanan darah kita menjadi lebih tinggi.

Kenaikan berat badan

Seperti telah kita ketahui, air dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan. Makan dengan porsi banyak tanpa diikuti dengan asupan air putih yang cukup akan menyebabkan metabolisme tubuh kita menjadi terganggu. Kurang minum air putih juga dapat membuat kita merasa lapar. Hal inilah yang dikatakan lapar semu, karena sebenarnya yang dibutuhkan tubuh kita adalah air, bukan makanan.

Itulah beberapa akibat kurang minum air putih. Mulai sekarang, selalu cukupkan kebutuhan air harianmu, ya. Minumlah 2 liter air per hari agar tubuh kita selalu sehat dan segar. Jangan sampai terlambat dan akhirnya harus mengalami masalah kesehatan. Bukankah mencegah itu jauh lebih mudah dan murah daripada mengobati?

Rate this post
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!