9 Bahaya Rokok Elektrik Yang Bisa Membunuhmu

Share Yuk!

Jika Anda merasa aman ketika menggunakan rokok elektrik, maka coba perhatikan bahaya rokok elektrik berikut ini! Banyak orang yang merasa kesulitan untuk berhenti merokok kemudian beralih ke rokok elektrik, karena dianggap paling simple dan tidak mempunyai efek samping yang berbahaya seperti halnya rokok konvensional. Namun tidak banyak yang mengetahui kandungan dalam rokok ini dan bahaya rokok elektrik seperti apa yang akan terjadi ketika menggunakan rokok seperti ini.

Dapat menyebabkan kanker

Di dalam rokok elektrik ini terdapat sebuah senyawa yang disebut dengan nitrosamine, ini adalah salah satu pemicu timbulnya penyakit kanker pada tubuh. Senyawa ini diperoleh dari nikotin cair dan gliserin yang ada dalam rokok ini. Ketika nikotin cair dipanaskan kemudian dilarutkan menggunakan gliserin cair maka terjadilah senyawa nitrosamine.

Dapat merusak paru-paru

Ketika Anda menyalakan rokok elektrik ini maka akan terjadi uap yang mirip seperti uap pada rokok konvensional. Uap yang dihasilkan memang tidak sebanyak rokok kovensional, namun ternyata kandungan dalam uap tersebut memiliki kandungan formalin, dan beberapa kandungan yang bersifat karsiogenik dan zat seperti ini jika dibiarkan begitu saja akan dapat memicu kanker. Jika mengendap di paru-paru tentunya lambat laun akan merusak paru-paru.

Polusi udara

Walaupun uap atau asap yang dihasilkan oleh rokok elektrik ini tidak sebanyak rokok konvensional, namun tetap saja ada kandungan berbahaya seperti formalin dan juga zat karsiogenik yang dapat merusak udara dan berbahaya bagi para perokok pasif.

Gangguan pada saluran pernafasan

Di dalam rokok elektrik ini mengandung dietilen glikol, ini adalah sebuah senyawa yang dapat membuat nikotin cair dalam rokok ini teatap dalam keadaan cair alias tidak beku. Ini adalah sebuah kandungan berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang. Setidaknya dalam jangka pendek, adanya kandungan dietilen glikol tentunya akan membuat saluran pernafasan mengalami iritasi ringan.

Dapat merusak otak

Senyawa tetramethylpyrazine ini juga terdapat dalam rokok elektrik, ini adalah salah satu kandungan berbahaya yang dapat merusak sistem jaringan pada otak. Jika digunakan dalam jangka panjang tentunya akan mengakibatkan kerusakan pada otak.      

Nikotin

Di dalam rokok elektrik juga terdapat kandungan nikotin, jika dalam rokok konvensional, ada aturan yang pasti, dan dapat diukur kandungan nikotinnya, maka berbeda pada rokok konvensional ini. Tidak ada takaran pastinya, sehingga Anda tidak dapat mengetahui dengan pasti kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok elektrik tersebut. Seperti diketahui bahwa kandungan nikotin ini sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Refil rokok elektrik bersifat karsiogenik

Rokok elektrik ini dapat diisi ulang, itu sebabnya rokok ini sangat praktis untuk digunakan, namun tahukan Anda kandungan yang terdapat dalam refil rokok tersebut? Kandungan dalam isi ulang rokok tersebut terdapat nikotin cair dan nitrosamine, dan beberapa bahan tambahan lainnya yang bersifat karsiogenik, hal ini tentunya berbahaya untuk tubuh.

Penyempitan pembuluh darah

Jika penggunaan rokok ini dilakukan dalam jangka panjang, maka efeknya akan sama seperti rokok pada umumnya, salah satu efek yang akan diterima adalah adanya penyempitan pembuluh darah atau lebih tepatnya adalah arteri. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin pada rokok elektrik tersebut.

Terbatasnya jumlah oksigen dalam tubuh

Mengkonsumsi rokok elektrik juga dapat membatasi jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh, hal seperti itu disebabkan karena jumlah karbon monoksida yang lebih tinggi dalam tubuh dan juga penyempitan pembuluh darah dalam tubuh. Dengan demikian maka oksigen yang seharusnya dapat mengalir ke seluruh tubuh tidak dapat dilakukan dengan baik, dan itu beresiko  terhadap kesehatan jantung dan juga paru-paru.

Alangkah baiknya setelah mengetahui informasi ini para perokok mengerti bahaya merokok dan dapat segera mengambil keputusan untuk berhenti.

9 Bahaya Rokok Elektrik Yang Bisa Membunuhmu
5 (100%) 15 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!