Terbukti! 5 Cara Menghadapi Pacar yang Egois

Share Yuk!

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang membagi peran di dalamnya dengan seimbang—fokus pada “kita,” bukan “aku”. Tapi sayangnya, hidup tidak seideal itu. Kita terkadang jatuh hati pada seseorang yang lebih mengerti bahasa “aku” daripada “kita”. Dia merasa dunia berputar di sekitarnya, dan fokus cerita adalah dirinya. Bagaimana cara menghadapi pacar yang egois seperti itu? Ulasan berikut ini mungkin akan membuka pikiranmu.

Kenali penyebab keegoisannya

Egois itu adalah sifat yang manusiawi. Setiap manusia terlahir dengan ego pada level tertentu. Yang menjadi masalah adalah, ketika egoisme tersebut berkembang secara brutal dan membentuk pribadi yang hanya mementingkan dirinya sendiri—tanpa empati. Seseorang yang egois bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih buruk, seorang narsis. Seorang narsis tidak memiliki simpati dan hanya peduli bagaimana memanfaatkan orang-orang di sekitarnya untuk keuntungan pribadi.

Pribadi yang egois bisa lahir dari keluarga yang terlalu memanjakan. Terbiasa selalu mendapatkan apa yang diinginkan akan membuat seseorang menjadi egois. Keegoisan juga bisa lahir dari perasaan cemas dan kesepian—yang mungkin membuat pacarmu terus-terusan menuntut kehadiranmu di sisinya. Kenali apa yang memotivasi keegoisannya, dengan begitu kamu akan tahu cara terbaik untuk menghadapinya.

Jangan dimasukkan ke hati dan tetaplah jadi diri sendiri

Ketika berhadapan dengan orang egois, terkadang kita kehilangan kontrol diri dan berusaha memberikan mereka ‘pelajaran’ dengan melakukan hal yang sama pada mereka. Hal seperti ini tidak akan menyelesaikan masalah, dan hanya akan membuat hubunganmu dengan sang pacar menjadi semakin tegang.

Tidak usah terlalu memasukkan ke hati tindakan dan permintaan-permintaan egois pacarmu, dan tetaplah jadi dirimu sendiri—jangan jatuh ke level yang sama. Dengan begitu, kamu juga mengajarkan padanya, tindakan seperti apa yang seharusnya dia ambil.

Ingatkan dia, bahwa dia bukanlah pusat dunia

Pacar yang egois biasanya menuntut perhatian yang sangat banyak darimu. Mereka merasa harus menjadi satu-satunya tokoh di dalam kehidupanmu. Ingatkan dia baik-baik, bahwa ada banyak hal dan tokoh lain di dalam duniamu, dan setiap tokoh punya cerita dan porsinya masing-masing. Jangan cepat menyerah dan memberikan apa yang dia mau setiap kali dia secara manipulatif memaksamu menuruti kehendaknya. Dia harus belajar, bahwa meski atas nama cinta, bukan berarti kita harus memberikan segala hal yang dia mau.

Ambil kendali

Orang yang egois ingin selalu menjadi pemegang kontrol, sekalipun dalam obrolan ringan tentang cuaca hari ini. Mengontrol pembicaraan sesuai yang dia mau dan tidak menunjukkan ketertarikan ketika orang lain ingin membahas topik lain, adalah hal yang selalu mereka lakukan. Cara menghadapi pacar yang egois seperti ini, bisa dengan mengganti topik pembicaraan dengan hal-hal yang menarik minatmu. Ambil kendali pembicaraan dan belokkan ke topik yang kamu inginkan—semakin ga nyambung, semakin baik. Mungkin akan sulit pada awalnya, tapi persistensi adalah kuncinya.

Saatnya pindah perahu

Jika kamu sudah mencoba untuk mengingatkan dan memberikan si dia pengertian, tapi dia sepertinya tidak mau berubah, mungkin sudah saatnya kamu berganti perahu. Jangan buang waktumu dengan orang yang bahkan tidak memedulikan perasaanmu. Kamu lebih berharga dari itu! Hidup terlalu singkat untuk dihabiskan bersama pacar yang menghabiskan energi dan kebahagiaanmu. Baca juga: Cara memutuskan pacar secara baik baik.

Cara menghadapi pacar yang egois terakhir ini adalah pilihan yang harus kamu ambil ketika sudah tidak ada lagi harapan dia akan berubah. Semoga beruntung!

Terbukti! 5 Cara Menghadapi Pacar yang Egois
4.96 (99.2%) 25 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!