Awas! Ini Ciri- Ciri 10 Gejala Penyakit TBC

Share Yuk!

Tuberkolosis (TBC) atau yang biasa disebut Tb (Tubercle bacillus) merupakan infeksi bakteri yang disebabkan oleh Microbacterium tubercolosis. Infeksi ini menyerang paru-paru dan terkadang memberikan dampak yang fatal pada bagian tubuh lain seperti saluran pencernaan, ginjal, dan susunan saraf otak.

Penyakit tuberkolosis ditularkan melalui udara di dekat orang yang positif terjangkit bakteri Tb, yaitu melalui butiran ludah (droplet) yang tersembur saat penderita berbicara, bersin, atau batuk. Namun jangan khawatir, TBC tidak akan menyebar melalui aktivitas sehari-hari seperti berjabat tangan, menyentuh tempat tidur dan dudukan toilet, atau bahkan berbagi makanan.

Pada orang-orang yang memiliki imunitas tinggi, bakteri Tb biasanya tidak langsung memicu gejala TBC. Kondisi seperti ini dikenal sebagai TBC laten, artinya pada jangka waktu tertentu jika kekebalan tubuh menurun, bakteri bisa kembali aktif dan memunculkan gejala tuberkolosis.

Microbacterium tubercolosis yang langsung menimbulkan sakit biasanya terjadi karena sistem kekebalan tubuh tidak mampu melawan serangan bakteri tersebut. Akibatnya, muncullah berbagai gejala yang menyebabkan penyakit TBC, berikut 10 ciri-ciri gejala TBC

Batuk-batuk parah selama tiga minggu atau lebih

Batuk yang terjadi pada penderita TBC adalah batuk yang terus-menerus, semakin parah, dan menjadi kronis lebih dari 21 hari.

Batuk berdarah atau sputum

Pada tahap lanjutan, batuk akibat bakteri TB ditandai dengan tekstur dahak yang semakin mengental, berwarna abu-abu atau kekuning-kuningan, dan terkadang bercampur dengan darah atau biasa disebut sputum.

Merasa sesak

Infeksi bakteri yang menyerang organ paru menyebabkan terjadinya infeksi saluran napas. Itu sebabnya penderita TBC kerap merasakan sesak napas.

Nyeri di daerah dada

Rasa sakit di dada pada gejala TBC muncul ketika Microbacterium tubercolosis telah menginfeksi sampai ke selaput paru. Terjadinya gesekan antara kedua pleura ketika penderita menarik dan melepaskan napas akan menimbulkan rasa nyeri di dada.

Demam tinggi

Dalam kondisi terserang bakteri, tubuh akan berusaha melakukan perlawanan, itu sebabnya tubuh akan meningkatkan suhunya. Demam yang terjadi pada penderita TBC biasanya tidak terlalu tinggi namun berlangsung cukup lama dan biasanya terjadi di malam hari.

Berkeringat di malam hari & menggigil

Gejala khas yang muncul pada penderita yang terinfeksi TBC adalah berkeringat dalam jumlah yang banyak di malam hari. Kondisi ini terjadi setelah terjadi penurunan suhu sehabis demam dan terkadang diikuti dengan rasa menggigil.

Sakit kepala

Infeksi paru akibat bakteri Tb yang menyebabkan batuk dan sesak napas memengaruhi asupan oksigen ke otak, hal ini menyebabkan munculnya rasa pusing dan sakit kepala.

Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan secara drastis

Gejala lain dari tuberkolosis adalah berkurangnya nafsu makan. Hal ini berpengaruh terhadap asupan nutrisi dan menyebabkan terjadinya penurunan badan secara drastis.

Tubuh menjadi lemah

Kondisi batuk yang parah, asupan oksigen yang berkurang ke otak, serta kurangnya asupan nutrisi akibat menghilangnya nafsu makan membuat tubuh menjadi lemah dan cepat lelah.

Perubahan warna urine

Pada tahapan tertentu, gejala TBC bisa ditandai dengan warna urine yang berubah menjadi lebih keruh atau menjadi lebih kemerahan.

Walaupun tergolong penyakit serius, TBC bukanlah penyakit yang tidak bisa diobati. Jika terdiagnosis mengalami gejala tuberkolosis, segeralah untuk melakukan uji lab dan berkonsultasi ke dokter. Adapun langkah pengobatan yang akan dilakukan nantinya mengharuskan penderita mengonsumsi beberapa jenis antibiotik selama jangka waktu tertentu. Untuk itu, sebelum tuberkolosis menyerang, perkuatlah imunitas tubuh dan berusahalah untuk hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan.

Awas! Ini Ciri- Ciri 10 Gejala Penyakit TBC
4.95 (99.09%) 22 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!