5 Daya Tarik Wisata di Taman Nasional Pulau Komodo

Share Yuk!

Siapa yang tidak mengenal Taman Nasional Komodo? Jurnalis dalam dan luar negeri saling berebut meliput situs warisan dunia ini. Lalu apa yang menjadi daya tarik sesungguhnya, sehingga Taman Nasional Komodo memiliki segudang daya tarik? Mari kita lihat.

Lokasi

lokasi pulau komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau berada di Kepulauan Nusa Tenggara, berada di tengah-tengah antara pulau Sumbawa dan pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha dengan lima pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode, serta pulau-pulau kecil lainnya. Kepulauan tersebut sebagai taman nasional untuk melindungi komodo dari kepunahan.

Cara mudah mencapai lokasi ini, yaitu dengan menggunakan trasportasi udara. Anda bisa terbang dari bandara Ngurah Rai, Bali langsung menuju Labuhan Bajo, yang merupakan bandara Pulau Komodo. Sedangkan bila dari darat, bisa ditempuh dari Bali menuju lombok – Mataram – Pelabuhan Kayangan – Pelabuhan Pototano (NTB)- Sumbawa – Terminal Dara Bima – Pelabuhan Sape – Taman Nasional Komodo.

Daya Tariknya

Habitat Komodo

habitat komodo

Inilah daya tarik utamanya, Anda bisa melihat komodo secara langsung, bila berkunjung ke Pulau Komodo, Pulau Rinca, Nusa Kode, dan Gili Motang. Anda akan ditemani pawang yang disebut “Jagawana” yang akan menjaga dan mengarahkan Anda.

Anda hanya tinggal mematuhi intruksi dari pawang yang berpengalaman. Tipsnya saat berkunjung antara lain: Tidak boleh memberi makan komodo, Anda harus memakai sepatu boot (untuk menghindari ular yang hidup di padang rumput), membawa tongkat bercabang, tidak boleh merokok, serta siapkan fisik yang kuat.

Keindahan Pantainya

taman nasional komodo

Kedua, ternyata Anda juga bisa menikmati pesona alam yang cantik dan menakjubkan, indahnya pasir putih berhias batu karang serta deburan ombak di pantai. Air laut begitu jernih dan biru serta sinar matahari yang menghangatkan pantai.

Biota Bawah Laut

diving bawah laut komodo

Ketiga, Taman Nasional Komodo ternyata menyimpan keindahan lain, yaitu keindahan bawah laut yang menawan. Anda bisa menyelam dan menikmati kecantikan ratusan spesies trumbu karang, rumput laut, puluhan macam bunga karang, penyu hijau, ribuan spesies ikan termasuk ikan hiu, ikan pari, ikan paus, hingga ikan lumba–lumba.

Zona transisi Garis Wallacea

komodo island sea

Keempat, letaknya yang berada di kawasan Zona transisi garis Wallacea, membuat daerah ini sangat indah. Kawasan ini terbentuk dari pertemuan dua benua, yaitu Asia dan Australia, yang kemudian membentuk deretan unik berupa pulau dengan gunung api.

bird in komodo island

Oleh karenanya, pulau ini dipenuhi oleh burung-burung dan satwa dari dua benua tersebut. Banyak sekali jenis flora dan fauna yang hidup di Taman Nasional Komodo ini. Di sini terdapat 254 jenis flora yang berasal dari Asia dan Australia, 128 jenis burung, dan 58 jenis fauna lainnya.

Padang Rumput dan Hutan Sabana

savana komodo island

Kelima, Anda ingin merasakan sensasi berada di tengah padang rumput dan hutan sabana? Di sini tempatnya, luas padang rumput sabana ini mencapai 70% dari luas seluruh taman nasional. Berbagai jenis rumput tumbuh dengan subur di sana.

Aktivitas

Selain Anda bisa melihat langsung Komodo – sebaiknya jangan terlalu dekat – di sini Anda juga bisa menyewa kapal nelayan menuju pantai Merah. Anda akan dapat menikmati keindahan pasir yang berwarna pink, yang hanya ada 7 tempat di dunia.

Saat Anda berperahu, sewaktu-waktu lumba-lumba bisa saja tiba-tiba muncul menggoda. Anda bisa bermain dengan mereka. Selain itu beragam ikan yang cantik, bersembunyi di balik indahnya terumbu karang, penyu hijau serta ikan paus yang berenang bebas juga siap menyambut Anda.

Nah, sebelum pulang ingin mencari suvenir dan oleh-oleh? Anda bisa datang ke Loh Buaya dan Loh Liang, pusat penjualan cenderamata khas Taman Nasional Komodo. Anda bisa membeli kaos yang bergambar komodo, patung kayu komodo, hingga aksesori bernuansa pulau Komodo. Selain itu jangan lupa kain tenun ikat halus dari Flores dengan motif dan corak indah serta jajanan khas Flores, Kue Rambut.

Loh Buaya pulau komodo

5 Daya Tarik Wisata di Taman Nasional Pulau Komodo
5 (100%) 26 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!