Ini Dia! 8 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Share Yuk!

Manis, segar, dan secara alami memiliki suhu yang sejuk, buah pir sangat cocok dikonsumsi di hari yang panas dan terik, maupun di hari penuh hujan yang dingin. Dengan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, buah pir wajib ada di menu diet sehat harianmu. Apa saja sih manfaatnya?

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah pir memiliki kandungan vitamin C dan K yang cukup tinggi. Kedua vitamin ini membantu meningkatkan sistem imun tubuh yang sangat berguna dalam melawan penyakit. Selain itu, buah pir juga mengandung tembaga yang sangat baik dalam melawan radikal bebas.

Sebagai Tambahan Energi

Merasa lemas dan lunglai di sore hari? Cobalah makan buah pir. Kandungan glukosa di dalam buah pir dapat seketika mengembalikan energimu yang hilang.

Melindungi Jantung

Karena buah pir kaya akan serat, maka pir sangat baik untukĀ  menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian membuktikan bahwa serat dapat membantu menurunkan lemak jahat dan mengurangi risiko penyakit stroke.

Buah Pencegah Kanker

Serat dan phytonutrients di dalam buah pir dapat membantu mencegah penyakit kanker usus. Bahkan, pada wanita yang sudah mengalami menopause dan rajin mengonsumsi buah kaya serat seperti pir, risiko kanker payudara dapat berkurang hingga 34%.

Serat juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi.

Buah yang Hypoallergenic

Artinya, buah pir aman dikonsumsi siapa pun karena tidak menimbulkan alergi. Jadi, buah pir sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki alergi maupun bayi yang sedang belajar makan.

Banyak dokter yang menyarankan pemberian buah pir kepada bayi yang sedang belajar makan, karena buah pir memiliki kadar asam yang rendah dan tidak akan menimbulkan masalah pada pencernaan pada bayi. Kupaslah kulit buah pir dan panaskan sebelum membuatnya menjadi puree atau bubur lembut. Namun, berhati-hatilah, jangan memberikan pir pada bayi yang sedang mengalami diare karena kandungan seratnya yang tinggi justru akan membuat diare si kecil semakin parah. Pastikan bubur sudah dalam keadaan sangat lembut jika tidak ingin mengupas kulit buah pir saat membuat puree, karena dikhawatirkan dapat membuat bayi tersedak.

Cocok bagi Penderita Diabetes

Kesulitan menentukan buah yang cocok bagi keluarga yang memiliki diabetes? Berikan saja buah pir. Dengan kandungan serat yang tinggi serta memiliki kadar glikemik yang rendah, karbohidrat yang ada di dalam buah pir diserap dengan lambat dan dapat mencegah naiknya gula di dalam darah serta mengontrol kadar gula darah. Bagi pecinta makanan manis, buah pir dapat menjadi pilihan camilan sehat.

Baik bagi Ibu Hamil

Buah pir ternyata juga mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga cocok menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Selain itu, pir juga mengandung vitamin B2, B3, B6, kalsium, potassium, mangan, dan magnesium.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis kini menjadi momok bagi berbagai kalangan terutama bagi mereka yang berusia di atas 30 tahun. Untuk menjaga kesehatan tulang, banyak dokter menganjurkan untuk menjaga keseimbangan pH dan mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Buah pir merupakan sumber yang baik untuk Boron, sebuah zat yang membantu tubuh dalam menyimpan kalsium.

Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Buah Pir

Musim buah pir biasanya dimulai pada bulan Agustus sampai Oktober. Buah pir memiliki banyak jenis varietas dan semuanya baik bagi kesehatan. Tanda bahwa buah pir sudah matang dan siap dikonsumsi adalah dengan menekan bagian leher pir (bagian buah yang paling kecil). Dan seperti halnya buah apel, manfaat buah pir akan secara maksimal didapatkan jika dimakan dengan kulitnya.

Ini Dia! 8 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan
4.92 (98.33%) 24 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!