Keindahan Alami Wisata Gunung Lawu yang Mengagumkan

Share Yuk!

Gunung Lawu adalah gunung mati yang berdiri kokoh di perbatasan dua daerah teritori. Gunung Lawu menjadi bagian dari daerah kabupaten Magetan, Jawa Timur dan kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tidak hanya wisata pendakian gunung, di sekitar kawasan wisata Gunung Lawu terdapat banyak pilihan tempat wisata. Untuk menjangkau daerah wisata gunung Lawu, Anda dapat melalui 2 jalur yakni melalui Madiun-Magetan, Jawa Timur atau Karanganyar, Jawa Tengah.

Transportasi dari Madiun dan Karanganyar

Untuk menuju gunung Lawu Anda dapat mengendarai bus terlebih dahulu dan berhenti di terminal Maospati/Madiun. Atau bisa juga dengan kereta api dan berhenti di stasiun Madiun. Dari Madiun Anda harus naik bus yang menuju Magetan. Dari terminal Magetan perjalanan dilanjutkan dengan mobil jenis Colt menuju Sarangan. Dari Sarangan, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan Colt lagi menuju Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang.

Jika Anda memulai perjalanan dari Karanganyar, Solo, Anda bisa naik bus menuju Tawangmangu. Dari Tawangmangu perjalanan dilanjutkan dengan Colt jurusan Sarangan dan berhenti di Cemoro Kandang atau Cemoro Sewu. Namun, angkutan umum/Colt dari Tawangmangu ke Sarangan dan sebaliknya agak sulit ditemui mulai pukul 16.00 WIB.

Kegiatan Wisata Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan tempat pendakian favorit bagi para pencinta alam. Gunung Lawu juga diyakini menyimpan nilai-nilai misteri dari zaman kerajaan kuno di Indonesia. Selain sebagai objek pendakian, gunung Lawu juga kerap dijadikan tempat napak tilas atau tempat ritual beberapa aliran kepercayaan Kejawen di sana. Gunung Lawu dipercaya sebagai tempat bertapa oleh Raden Brawijaya setelah mengundurkan diri dari kerajaan Majapahit. Tempat-tempat keramat di gunung Lawu yang kerap dikunjungi para peziarah yakni kawah Condrodimuko, Sendang Drajat, Argo Dalem, Argo Dumilah, Pasar Dieng, Batu Tugu, Lumbung Selayur, Telaga Kuning.

Bagi para pendaki, Gunung Lawu memberikan pemandangan alam yang sangat indah. Di samping itu juga memberikan rasa aman karena gunung Lawu bukan gunung aktif. Ada dua gerbang pendakian menuju puncak Lawu yakni melalui desa Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Di puncak Lawu, para pendaki juga akan menjumpai bunga Edelweis yang berwarna merah muda, kuning, dan putih. Melalui puncak Lawu kita juga bisa melihat matahari terbit yang indah, bila memandang ke arah Barat akan tampak puncak Gunung Merapi dan Merbabu, di arah timur kita bisa melihat puncak Gunung Kelud, Butak, dan Wilis. Selama mendaki melalui kedua gerbang tersebut, Anda akan menikmati keindahan hutan pinus dan akasia, sumber air alami, dan juga terdapat gua yang bisa digunakan untuk bermalam.

Terdapat 9 tempat wisata yang terdapat di sekitar daerah wisata Gunung Lawu, yaitu:

  1. Telaga Sarangan. Telaga Sarangan adalah telaga alami yang berada di lereng timur gunung Lawu.

  2. Grojogan Sewu. Objek wisata ini berupa air terjun.

  3. Air Terjun Jumog. Air terjun ini berada di kecamatan Ngargoyoso.

  4. Kebun Teh Kemuning. Perkebunan teh ini juga ada di kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

  5. Candi Cetho. Candi ini bercorak Hindu.

  6. Candi Sukuh yang masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu.

  7. Taman Hutan Raya. Taman Hutan Raya terletak 500 meter dari candi Sukuh.

  8. Bumi Perkemahan Sekipan. Ada beberapa lokasi perkemahan di Lawu, salah satunya Sekipan.

  9. Cemoro Sewu, yaitu jalur pendakian yang paling terkenal di gunung Lawu.

Itulah sekilas mengenai objek wisata Gunung Lawu dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana.

Keindahan Alami Wisata Gunung Lawu yang Mengagumkan
4.86 (97.14%) 21 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!