Keren! Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas

Share Yuk!

Lagi liburan dan ga tau mau ke mana? Yuk coba mampir ke Taman Nasional Way Kambas. Di sini  terdapat keindahan alam Indonesia yang tidak dapat kamu bayangkan sebelumnya.

Memotret Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Taman-Nasional-Way-Kambas

Mendengar kata “Way Kambas”, biasanya akan langsung mengingatkan kita akan hewan bernama gajah. Daerah tersebut memang difungsikan sebagai kawasan konservasi gajah Sumatera. Hewan bertubuh besar ini mendapatkan perlindungan dan dilatih untuk melakukan berbagai aktivitas unik. Saat mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, Anda bisa melihat tingkah lucu gajah-gajah tersebut.

Pusat Konservasi dan Pelatihan Gajah Sumatera

pelatihan gajah taman nasional way kambas

Taman nasional ini tercatat sebagai yang tertua di Indonesia. Letaknya sekitar 110 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Luas wilayahnya mencapai 1.300 kilometer persegi. Kawasannya merupakan hutan dataran rendah di dekat Sungai Way Kambas.

Tempat konservasi gajah ini didirikan pemerintah Belanda di tahun 1937. Diperkirakan masih terdapat 200 ekor gajah Sumatera yang mendiami taman nasional tersebut. Elephas maximus sumatranensis, atau gajah Sumatera, adalah hewan asli Pulau Sumatera. Keberadaannya diakui sebagai salah satu subspesies gajah Asia.

Perbedaannya dengan gajah Afrika adalah dari ukuran tubuhnya. Gajah Sumatera bahkan merupakan gajah yang terkecil dari seluruh jenis gajah Asia. Tinggi bahunya berkisar dua hingga tiga meter saja. Perambahan kayu dan pembukaan lahan yang tak terkendali, mengubah habitat asli hewan ini, sehingga terbilang sulit untuk menghitung jumlah keseluruhannya secara pasti.

Tujuan awal pendirian taman nasional adalah sebagai tempat berlindung bagi gajah. Taman ini juga sekaligus difungsikan untuk melatih gajah, agar gajah bisa membantu kebutuhan manusia. Pada era kesultanan atau kerajaan masih menguasai Pulau Sumatera, gajah juga difungsikan dalam acara seremonial dan dikerahkan dalam peperangan. Hewan ini juga membantu tugas manusia lainnya, seperti membajak sawah dan mengangkut kayu.

Wisatawan yang mengunjungi Way Kambas, bisa menyaksikan keahlian gajah bermain sepakbola. Aksi lucu mereka lainnya juga bisa Anda saksikan, seperti duduk di kursi, melewati deretan manusia yang berbaring, dan sebagainya. Uniknya lagi, taman nasional pertama di Tanah Air ini juga menyediakan Rumah Sakit Gajah terbesar di Asia.

gajah taman nasional way kambas main bola

Gajah bukan saja satu-satunya hewan yang dipelihara di Taman Nasional Way Kambas. Ada juga badak Sumatera yang merupakan satwa asli Sumatera. Agar bisa melihat langsung, pengunjung harus mengantongi izin khusus dari pengelola. Jadi, tidak sembarang orang bisa menyaksikan penangkaran alami satwa langka tersebut.

Cara Menuju Taman Nasional Way Kambas

lokasi taman nasional way kambas

Jalur menuju Taman Nasional Way Kambas ini relatif bagus. Anda bisa menempuhnya dari pusat Kota Bandar Lampung. Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 2 jam dengan mengendarai mobil pribadi. Alat transportasi umum bisa juga diandalkan. Rute paling mudah adalah berangkat dari Terminal Bandar Lampung. Anda bisa naik bus dari Rajabasa, menuju Way Jepara dan turun di kawasan Gajah Batu, Desa Rajabasa Lama.

Perjalanan dilanjutkan dengan mengendarai ojek ke Way Kanan. Pusat Pelatihan Gajah ini adalah pintu masuk ke Taman Nasional Way Kambas. Supaya tidak kehabisan transportasi, ketika Anda hendak pulang pastikan Anda mengetahui jadwal terakhir bus yang menuju Rajabasa. Biasanya setelah jam tiga sore, sudah tidak ada lagi bus yang beroperasi.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Waktu yang tepat untuk melihat kerumunan gajah adalah sebelum pukul enam pagi. Karena setelah jam tersebut, gajah akan berpencar di padang rumput yang sangat luas. Sehingga dari ratusan gajah, hanya terlihat beberapa saja. Sebelum dilepas oleh pawangnya, satwa langka tersebut dimandikan di sungai Way Kambas. Jika Anda datang pada waktu yang tepat, Anda akan melihat ratusan gajah, dengan berbagai ukuran. Anda juga bisa memotret hewan ini dengan latar belakang pesona matahari terbit.

Jika Anda tidak tiba pada pagi hari, Anda bisa memanfaatkan waktu sore hari, agar bisa menikmati pemandangan menarik. Karena pada sore hari gajah-gajah akan kembali berkumpul setelah bermain di savana. Cahaya matahari terbenam bisa menjadi latar belakang foto yang eksotis. Menarik, bukan?

Keren! Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas
4.98 (99.52%) 42 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!