Cicipi 7 Makanan Khas Jawa Barat Terpopuler yang Bikin Kamu Ketagihan

Share Yuk!

Bingung mau cari jajanan atau makanan apa saat berkunjung ke Jawa Barat? Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jawa Barat yang wajib untuk kamu coba.

Tutug Oncom

Tutug Oncom
Tutug Oncom

Sangu tutug oncom atau sering disingkat T.O. dalam bahasa Sunda adalah makanan khas dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Tutug oncom dibuat dari nasi yang diaduk bersama tambahan oncom goreng atau bakar. Secara bahasa, kata tutug dalam bahasa Sunda berarti “menumbuk,” proses aduk dan tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi asal nama dari makanan tutug oncom.

Saat ini, telah tersedia tutug oncom instan yang bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh. Tutug oncom instan sudah dikemas dan mampu bertahan hingga berbulan-bulan tanpa bahan pengawet.

Karedok

Karedok
Karedok

Karedok adalah makanan yang terbuat dari bahan sayuran segar dan mentah. Bahan utama sayuran untuk membuatnya antara lain taoge, mentimun, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Kemudian diberi saus bumbu kacang yang khas, yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kacang tanah, air asam, gula merah, garam, terasi dan kencur.

Lotek

Lotek
Lotek

Lotek adalah makanan khas Jawa Barat yang bisa ditemukan di mana-mana. Lotek hampir mirip dengan pecel, yaitu makanan berupa sayuran segar yang direbus lalu disiram dengan topping sambal campur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal, kacang tanahnya sering kali ditambah tempe, terasi, gula merah, dan bawang putih.

Rasa lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, jika sambal pecel bumbu pada pecel sudah dicampurkan sebelumnya, maka pada lotek bumbunya baru dicampurkan ketika hendak dihidangkan. Lotek bisa disajikan bersama lontong dan nasi hangat.

Comro dan Misro

Comro dan Misro
Comro dan misro

Comro dan misro merupakan makanan khas Jawa Barat yang dibuat dari parutan singkong, lalu dibentuk bulat dan diberi isian. Bedanya, bagian dalam comro diisi dengan sambal oncom, sedangkan misro diisi dengan gula merah.

Kedua makanan ini kemudian dimasak dengan digoreng. Itulah mengapa kedua makanan tersebut dinamakan comro, yang berasal dari singkatan “oncom di jero” (oncom di dalam), dan misro yang berasal dari singkatan “amis di jero” (manis di dalam).

Kedua makanan ini cukup dikenal banyak orang dan bisa menjadi kudapan yang enak dan lezat disantap saat masih hangat.

Surabi

Surabi
Surabi

Surabi atau yang kadang disebut dengan serabi, merupakan jajanan khas Jawa Barat. Terdapat 2 jenis surabi, yaitu surabi manis dan surabi asin. Surabi manis disajikan dengan tambahan kinca gula merah yang terbuat dari gula merah, gula pasir, santan dan daun pandan. Sedangkan surabi asin menggunakan tambahan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Surabi biasanya dijajakan di pagi hari.

Peuyeum

Peuyeum
Peuyeum

Peuyeum atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan tapai, merupakan olahan makanan manis yang dibuat dengan proses fermentasi. Peuyeum memiliki 2 jenis yang berbeda dari bahan pembuatannya, jenis peuyeum yang terbuat dari singkong dan disebut dengan peuyeum sampeu. Kemudian yang kedua adalah yang terbuat dari beras ketan, dan disebut dengan peuyeum ketan.

Peuyeum ini memiliki rasa yang enak dan sangat terkenal, khususnya di kota Bandung. Banyak pengunjung dan wisatawan yang menjadikan peuyeum sebagai oleh-oleh khas ketika berkunjung ke Jawa Barat.

Colenak

Colenak
Colenak

Apakah kamu pernah mendengar makanan bernama colenak? Kata colenak adalah singkatan dari kata bahasa Sunda, “dicocol enak.” Colenak dibuat dari tapai singkong yang dibakar dan disantap dengan cara dicocolkan ke gula jawa cair yang diberi campuran parutan kelapa.

Dalam teknik memasaknya, kandungan gula yang terkandung dalam tapai membuatnya mudah gosong. Meskipun demikian, banyak orang mengatakan itulah bagian terbaiknya.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Jawa Barat yang bisa kamu coba, tapi 7 makanan di atas bisa menjadi pilihan utama saat berkunjung ke Jawa Barat. Dijamin semuanya raos pisan (enak sekali).

Cicipi 7 Makanan Khas Jawa Barat Terpopuler yang Bikin Kamu Ketagihan
4.65 (93.04%) 23 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!