Mau Lebih Produktif? Ini 10 Manfaat Bekerja dari Rumah

Share Yuk!

Menjadi lebih produktif meski bekerja dari rumah? Kenapa tidak?

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti Stanford University, Amerika Serikat membuktikan: bekerja di rumah rupanya telah meningkatkan produktivitas karyawan sebanyak 13 persen. Setidaknya, sebagian besar karyawan mengungkapkan, ada kepuasan tersendiri saat mengerjakan pekerjaan di rumah. Perasaan lelah maupun izin sakit pun berkurang—sementara persentase karyawan yang mengundurkan diri menurun hingga 50 persen.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut adalah sepuluh alasan mengapa bekerja dari rumah terbukti lebih bermanfaat dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Jam Kerja yang Fleksibel

Sistem bekerja dari rumah memampukan Anda mengatur jadwal kerja sendiri—tentunya disesuaikan dengan kebiasaan dan mood tiap-tiap orang. Ingin bekerja sedari subuh, atau justru saat larut, seluruhnya tinggal diatur dan disesuaikan sesuai jadwal. Pada akhirnya, hal ini berimbas pada naiknya produktivitas, sebab waktu yang dihabiskan terasa jauh lebih efektif, ketimbang bekerja sembilan jam di kantor setiap harinya.

Meski begitu, harus diingat, dampak jam kerja yang fleksibel tidak akan kentara apabila Anda tidak disiplin. Karenanya, disarankan untuk mematuhi jam kerja maupun aturan penjadwalan yang sudah Anda buat.

Efisiensi waktu

Siapa yang tidak kesal dengan kemacetan—atau riuh antrean kendaraan umum?

Bila dihitung, rata-rata pekerja di Jakarta meluangkan waktu sekitar dua jam untuk sekali perjalanan. Kalikan dua, maka jadilah empat jam per hari, 20 jam per minggu, bahkan 80 jam per bulan. Bayangkan, Anda sudah menghabiskan waktu kurang-lebih tiga hari penuh untuk sebuah perjalanan!

Bekerja dari rumah, sama artinya dengan bertindak bijak dalam melakukan efisiensi waktu. Tanpa harus berhadapan dengan estimasi waktu perjalanan, Anda bisa memulai pekerjaan lebih awal atau lebih lambat, sesuai waktu dan kesibukan yang harus Anda lakukan. Anda pun bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk kegiatan lain, semisal: mencoba keterampilan baru, atau membuka bisnis sampingan.

Lebih Mandiri dan Profesional

Ketika bekerja dari rumah, Anda tahu hal ini: Andalah satu-satunya atasan; orang yang punya kendali sekaligus bertanggung jawab pada kesuksesan diri sendiri. Keyakinan inilah yang kemudian, secara tak langsung melatih Anda untuk bertindak lebih mandiri, juga profesional.

Bagi beberapa orang, bekerja dari rumah sendiri jelas lebih baik. Tak akan ada atasan yang bisa memerintah, maupun memecat Anda. Lebih asyik lagi, Anda tentu akan punya kebebasan pribadi untuk melakukan pekerjaan dengan cara Anda sendiri.

Memangkas Pengeluaran

Anda tahu, bekerja di kantor membutuhkan biaya transportasi dan makan siang yang umumnya menyita porsi besar dari uang gaji. Sayangnya, beberapa perusahaan sama sekali tidak menyediakan jaminan bagi kedua biaya ini, sehingga mau tak mau, Anda harus merogoh biaya dari kocek sendiri.

Dengan bekerja dari rumah, Anda bisa memangkas kedua biaya tersebut—yang pada akhirnya memungkinkan Anda menghemat sejumlah uang setiap bulan.

Lebih Nyaman

Anda bebas menyelesaikan pekerjaan sembari duduk, tiduran, tengkurap, atau apapun! Tak akan ada lagi orang maupun aturan yang membatasi Anda. Anda bahkan bisa memilih lokasi ruang kerja, lalu mendekorasinya sesuai mood dan selera.

Punya Waktu Lebih untuk Keluarga

Bagi mereka yang sudah berkeluarga, bekerja dari rumah memberi “ruang” bagi diri maupun orang lain untuk menjalin hubungan yang lebih berkualitas. Tak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah memonitor segala hal yang berhubungan dengan urusan rumah tangga: seperti asupan makanan, jadwal belajar, hingga kesehatan anggota keluarga.

Bebas dari Pengaruh Orang-orang yang Menyebalkan

Bagaimana rasanya dongkol sepanjang hari akibat rekan kerja yang gemar bergosip—atau justru atasan yang menyebalkan?

Biasanya, masalah umum pekerja kantoran tidak pernah jauh-jauh dari hal ini. Tak bisa diingkari, setiap kantor pasti memiliki intriknya masing-masing. Belum lagi, soal kompetisi tak sehat, hingga sikap saling menjilat atau ABS!

Sebagian besar orang setuju; meski tak mau, sulit rasanya untuk tak terpengaruh orang-orang menyebalkan seperti ini. Nah, bekerja dari rumah akan membantu menghindarkan Anda dari pengaruh orang-orang seperti ini. Akibatnya, Anda bisa lebih berkonsentrasi pada pekerjaan, dan menyelesaikannya dengan lebih baik.

Bebas Berpakaian

Mereka yang tak suka menggunakan pakaian formal—seperti setelan celana atau rok formal, kemeja, dan sepatu—mungkin lebih menyukai sistem bekerja dari rumah.

Tidak perlu menghabiskan waktu beberapa menit untuk memilih pakaian atau seragam mana yang pantas dikenakan. Tak akan ada aturan yang mengatur, pun juga atasan yang memberi sanksi. Anda bisa mengenakan daster, celana pendek, apapun—sekaligus menyimpan pengeluaran untuk biaya pakaian.

Stres Berkurang

Tak diingkari, ketika bekerja di kantor, Anda akan menemukan banyak hal yang bisa membuat Anda merasa tertekan; seperti waktu perjalanan, kemacetan, hingga kurangnya waktu berkualitas bersama keluarga. Memiliki kebebasan bekerja dari rumah, pun termasuk di antaranya mengaturnya sedemikian rupa sehingga Anda bisa bekerja dengan nyaman, akan menjauhkan Anda dari stres yang mengganggu produktivitas.

Produktivitas Meningkat

Pada akhirnya, berkurangnya faktor-faktor penyebab stres dan tekanan akan mengakibatkan Anda bisa berkonsentrasi dengan lebih baik pada pekerjaan. Sebagai hasil lanjutan, produktivitas pun akan meningkat secara signifikan.

Ada banyak manfaat bekerja dari rumah. Anda takkan takut serangan stres, bahkan lebih penting: Anda bisa membangun hubungan yang lebih berkualitas dengan keluarga Anda. Pada akhirnya, bekerja dari rumah sendiri akan membuat Anda lebih menikmati hidup, ketimbang mereka yang bekerja di kantor.

Mau Lebih Produktif? Ini 10 Manfaat Bekerja dari Rumah
4.94 (98.75%) 16 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!