Resign? Ikuti Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

Share Yuk!

Setelah bekerja cukup lama dalam sebuah perusahaan atau instansi, tidak jarang beberapa orang merasa bosan dan tertekan sehingga ingin keluar/resign dari pekerjaan. Hal ini sah-sah saja jika memang menemukan kesempatan yang lebih baik di tempat lain. Sama halnya ketika melamar ke sebuah perusahaan untuk pekerjaan tertentu, saat ingin mengundurkan diri kita juga harus membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Pada dasarnya menulis surat pengunduran diri sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Membuat surat resign juga harus memerhatikan ejaan yang baku. Jika ingin menggunakan bahasa Inggris untuk perusahaan asing, maka kita juga harus memerhatikan grammar dan tensesnya.

Dari segi bahasa yang digunakan, surat pengunduran diri juga harus memakai tata krama dan kesopanan agar maksud kita mengundurkan diri bisa diterima dengan baik tanpa ada kesalahpahaman. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri adalah:

  1. Tulislah surat pengunduran diri dengan bahasa yang singkat, jelas, padat, dan baik. Jangan bertele tele dan copy paste dari internet karena akan membuat kesan buruk. Buatlah surat yang personal dan profesional.

  2. Sertakan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan pujian untuk perusahaan, rekanan, dan pimpinan Anda di kantor yang akan Anda tinggalkan.

  3. Sebaiknya alasan memilih mengundurkan diri dari pekerjaan tidak dibeberkan secara rinci dalam tulisan maupun lisan.

  4. Menyerahkan surat pengunduran diri beserta barang kenang-kenangan untuk rekan dan pimpinan Anda agar saat meninggalkan kantor terdapat kesan yang baik.

Tujuan yang ingin dicapai ketika membuat surat pengunduran diri adalah agar disetujui oleh pimpinan perusahaan. Sebaiknya Anda tidak menuliskan alasan yang sifatnya negatif, misalnya karena ingin bekerja di perusahaan lain atau karena faktor gaji yang tidak sesuai. Citra yang baik dan prestasi Anda selama di perusahaan juga akan menjaga hubungan baik Anda dengan jajaran pimpinan perusahaan dan rekan kerja. Relasi ini akan berguna untuk karier Anda di masa datang.

Berikut ini Beberapa contoh surat pengunduran diri ini bisa menjadi referensi Anda untuk membuat surat pengunduran diri kerja:

contoh surat pengunduran diri 1

contoh surat pengunduran diri 2 contoh surat pengunduran diri 3

Rekomendasi

Setelah mengajukan surat pengunduran diri mintalah rekomendasi dari atasan atau rekan kerja Anda, terutama di LinkedIn. Dengan semakin berkembangnya LinkedIn sebagai salah satu tempat untuk mendapat pekerjaan baru, rekomendasi dari atasan Anda dapat meningkatkan value Anda di mata head hunter yang dapat membantua Anda menemukan pekerjaan baru yang sesuai.

linkedin rekomendasi

Resign? Ikuti Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik
5 (100%) 25 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!