Wisata Gunung Bromo: Melihat Sunset Terindah di Indonesia

Share Yuk!

Setiap wisatawan pasti terpikat dengan pesona keindahan wisata gunung Bromo. Gunung ini berada di daerah Jawa Timur yang masuk ke dalam 4 teritori pemerintah daerah, yakni Kebupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Untuk menjangkau tempat wisata gunung Bromo, wisatawan bisa melewati dua jalur yakni melalui Surabaya dan Malang.

Transportasi dari Surabaya ke Gunung Bromo

Untuk bisa menuju gunung Bromo, wisatawan harus tiba dahulu di Bandara Juanda, Surabaya. Kemudian gunakan bus Damri menuju terminal bus Bungurasih Surabaya. Dari terminal, Anda bisa menggunakan bus jurusan Jember atau Banyuwangi, namun Anda harus turun di Probolinggo. Dari terminal Probolinggo, Anda bisa menggunakan angkutan desa dengan mobil jenis Colt menuju kecamatan Ngadisari. Ngadisari, Wonotoro, dan Jetak merupakan desa yang berada di kawasan lereng perbukitan Cemoro Lawang, desa terdekat dengan daerah wisata Gunung Bromo. Penduduk di ketiga desa ini masih memegang adat istiadat dan mayoritas beragama Hindu. Di Ngadisari terdapat banyak pilihan tempat menginap dan warung makan. Dari Ngadisari Anda bisa menyewa mobil jip menuju penanjakan dan kawasan sekitar taman nasional.

Transportasi dari Malang ke Gunung Bromo

Terdapat dua jalur perjalanan jika Anda memulai dari Malang, yakni:

  1. Rute Malang – Tumpang – Gubugklakah – Ngadas-Jemplang – Gunung Bromo, jarak perjalanan 53 km.

  2. Rute Malang – Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Wonokitri – Penanjakan, jarak perjalanan 83 km.

Jalur yang paling menarik adalah rute pertama. Jalur tanjakannya cukup terjal namun perjalanan yang berat tersebut terbayarkan dengan pemandangan alam yang cantik dan memesona. Gubugklakah adalah desa kecil penghasil apel, sedangkan Ngadas adalah daerah hutan dengan jalan menanjak dan berkelok. Setelah melewati Ngadas wisatawan bisa mampir di air terjun Coban Pelangi yang indah. Dari Ngadas ke Bromo Anda akan melewati padang savana kemudian menuju pasir berbisih dan kawah Bromo.

Keindahan Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo tidak hanya dikunjungi oleh wisatwan domestik namun juga mancanegara. Hal ini karena karakter alam Bromo yang menawan. Bromo memiliki hamparan lautan pasir yang luas, udara yang segar dan dingin, serta pemandangan kawah berdiameter 600 m yang menakjubkan. Di Puncak Bromo, para wisatawan biasanya sengaja ingin mendapatkan pemandangan matahari terbenam dan terbit. Melihat sunrise dan sunset adalah salah satu kegiatan di Bromo yang paling memikat wisatawan. Ini adalah panorama alam yang tidak ingin Anda lewatkan ketika di Bromo. Ketika matahari mulai tenggelam, lautan pasir gunung Bromo akan terlihat sangat indah dengan rona jingga yang menyelimuti permukaannya. Pemandangan ini bahkan bisa juga terlihat dari Cemoro Lawang.

Gunung Bromo adalah salah satu bagian pembentuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung bromo merupakan gunung api aktif. Suhu udara di puncak Bromo berkisar antara 2-20 derajat celcius. Jika Anda berencana ke Bromo sebaiknya pada bulan Juni-Oktober pada musim kemarau di daerah gunung Bromo. Pada musim kemarau Anda bisa lebih leluasa mengeksplorasi keindahan gunung Bromo dengan aman dan nyaman.

Kegiatan Wisata di Gunung Bromo

Ada beberapa macam kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan alam wisata Gunung Bromo. Selain mendaki puncak untuk melihat matahari terbenam, Anda juga bisa berkuda di atas hamparan pasir yang luas. Akan ada banyak pemilik kuda yang datang menyewakan kudanya kepada wisatawan. Kesan tradisional dan kegagahan anak-anak Bromo yang menunggang kuda akan Anda dapatkan.

Jika Anda tidak suka naik kuda, Anda bisa menyewa Jeep untuk mengunjungi beberapa spot wisata Gunung Bromo. Penyewaan Jeep terdapat di dekat pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pada bulan tertentu, wisatawan yang datang ke Bromo juga bisa melihat langsung Festival Kasodo. Kasodo adalah sebuah ritual memohon berkah dari Tuhan agar panen berlimpah dan jauh dari bencana dan penyakit. Festival ini dilakukan oleh masyarakat suku Tengger yang mendiami kawasan wisata Bromo.

Wisata Gunung Bromo: Melihat Sunset Terindah di Indonesia
4.96 (99.23%) 26 votes
Share Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dukung Kami!

Membuat konten bagus tidak mudah

Jika kamu suka informasi di website ini mohon dukungannya dengan like button di bawah ini!